Kamis, 28 Maret 2013

Hubungan interaksi antara manusia dengan unsur-unsur lingkungan



Hubungan interaksi antara manusia dengan unsur-unsur lingkungan hidup serta hubungan interaksi antar unsur lingkungan hidup itu sendiri.

Ø  Manusia dengan unsur abiotik
·         Manusia sangat membutuhkan tanah untuk wahana bermukim dengan segala aktivitas yang dilakuaan. Sedangkan manusia juga berusaha menjaga kesuburan tanah.
·         Setiap makhuk hidup membutuhkan air bagi kehidupannya, tidak terkecuali untuk manusia. Jadi manusia selalu berusaha agar air tidak tercemar, agar setiap air di dunia dapat dimanfaatkan sebagai alat yang dapat membantu manusia dalam kehidupannya.
·         Udara adalah gas yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Manusia bernafas membutuhkan oksigen, sehingga tanpa oksigen manusia tidak akan bisa hidup. Sehingga manusia selalu membuat perubahan agar selalu dapat bernafas dengan udara yang bersih.
Ø  Manusia dengan unsur biotik
·         Manusia memperoleh makanan salah satunya dari tumbuhan. Dengan adanya tumbuhan, manusia dapat memenuhi kebutuhan makanannya.
·         Hewan juga merupakan konsumen dari tumbuh-tumbuhan. Hewan-hewan juga dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan makanan.
Ø  Manusia dengan unsur budaya
·         Budaya sangat berpengaruh dengan manusia. Seperti yang kita tahu, budaya dibuat oleh manusia untuk membantu kemudahan aktifitas manusia. Misalnya saja ilmu pengetahuan. Di dunia ilmu pengetahuan sangat berpengaruh, tanpa ilmu pengetahuan mungkin manusia tidak akan semodern ini.

v  Unsure biotic dengan unsure abiotik
·         Hewan sangat membutuhkan tanah untuk tinggal, dan hewan juga dapat menyuburkan tanah dengan kotorannya yang dapat menjadi kompos.
·         Hewan juga membutuhkan air untuk minum. Jadi air dibutuhkan untuk kelangsungan hidup hewan.
·         Hewan sama dengan manusia. Mereka bernafas membutuhkan oksigen. Jadi jika oksigen habis, hewan akan mati.
·         Tumbuhan tumbuh karena adanya tanah. Sehingga tanah sangat penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Sedangkan sampah dari tumbuhan juga dapat dijadikan kompos dan menyuburkan tanah.
·         Air sangat dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, sehingga tampa air tubuhan juga akan mati.
·         Tumbuhan membutukkan karbon dioksida untuk melakukan fotosintesis. Sehingga tumbuhan juga akan mati jika, tidak ada udara yang diperlukan.
§  Unsur abiotik dengan unsur budaya
·         Tanah, air, dan udara sangat bergantung kelestariannya kepada budaya manusia. Jika manusia merusak kestabilan tanah, air, dan udara, ketiga unsur itu akan rusak. Dan kerusakan itu dapat berakibat langsung dengan unsur biotic. Semua makhuk dapat mati dan punah. Jadi budaya manusia yang baik dapat menjaga kelestarian unsur biotik dan akbiotik . Tapi manusia juga dapat merusak alam dengan sekejap, jika melakukan kebudayaan yang merusak secara tidak terkontrol dan tidak ada perbaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar